RSS

Jangan Pelit Nanti Kuburanmu Sempit!

19 Sep

 

Jangan pelit nanti kuburanmu sempit!
Mungkin kita pernah mendengar sepotong kalimat tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebuah kalimat yang memberikan berbagai penafsiran bagi pendengarnya. Ada pendengar yang peduli dengan terus mencari informasi tentang kebenaran kalimat itu dan ada pendengar yang masa bodoh terhadap kalimat yang menurut mereka kalimat yang tak masuk akal.

Saya rasa semua agama pasti menganjurkan kita untuk berbagi terhadap sesama. Berbagi dalam hal kebaikan yang semestinya memberikan manfaat kepada orang lain. Begitu juga dengan islam yang menganjurkan kita untuk berbagi dengan sesama dalam segala aspek kehidupan. Bahkan sebuah kebiasaan yang sama sekali tidak menguras tenaga dapat dihitung sebagai sedekah. Senyum merupakan kebiasaan yang kita lakukan setiap hari dan memberikan nilai luar biasa bagi diri kita dan orang lain.

Cukupkah dengan senyum tiap hari? Saya rasa senyum bukanlah solusi paling tepat untuk memberikan manfaat besar bagi orang lain. Kita harus berbagi, memberikan sebagian tenaga, materi dan pikiran kita untuk orang lain. Dengan berbagi kita akan menemukan kebahagaiaan jiwa yang selama ini kita cari. Saya akan sedikit berbagi motivasi agar kita lebih enteng sedekah/berbagi :

Pertama, selalu ingat bahwa tabungan kita yang sejati bukanlah tabungan deposito, tabungan bank atau tabungan lainya. Tabungan kita yang sejati adalah tabungan akherat, menabung di akherat tidak membutuhkan bank atau lembaga keuangan yang lain. Setiap kita berbagi, memberi nasi, memberi uang, memberi benda berharga yang paling anda sukai kepada orang yang membutuhkan itulah tabungan akherat.

Kedua, selalu ingat ganjaran yang akan diberikan oleh Allah ketika kita mau berbagi di jalanNya, ibarat sebuah biji yang menumbuhkan 7 tangkai dan tiap tangkai menghasilkan 100 butir. Betapa besar ganjaran yang diberikan oleh Allah, apa g sayang tuh kalo dilewatin begitu saja?

Ketiga, sedekah yang kita lakukan bukan lantas berakhir sia sia, pernahkah anda mendengar bahwa sedekah itu pelebur dosa? pernahkah anda mendengar sedekah itu penolak bala? Saya rasa hal itu ada benarnya, silakan mengecek dalam Al quran atau Hadits, bahwa sedekah itu mampu meleburkan dosa dan menolak bencana. Bayangkan bila dosa dan bencana itu terhapus dengan mudahnya dengan sedekah dn ridloNya, mudah bukan?

Buang jauh jauh perasaan harta akan berkurang ketika kita berbagi atau bersedekah dengan orang lain, Allah yang akan mencukupkan kita dengan semua kekuasaanNya. Kuncinya hanya yakin dan praktekkan 🙂

 

 

 

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 19, 2012 in Pegangan Hidup

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: