RSS

Jihad Hati

29 Mar

Jihad, sebuah kata yang saat ini sering menjadi kontroversi di kalangan orang yang belum mengerti. Mendengar kata jihad, mungkin yang terbesit di pikiran kebanyakan orang adalah berperang layaknya seorang tentara di medan perang. Padahal inti dari kata Jihad itu sendiri adalah berjuang di jalan Allah. Namun dalam kesempatan ini saya tidak akan membahas pengertian jihad secara panjang lebar. Saya akan lebih meruncingkan pada salah satu jihad yang tidak kalah penting, yaitu jihad besar atau jihad hati.

Jihad hati merupakan jihad yang diwasiatkan oleh Rosulullah SAW. Jihad hati adalah jihad melawan hawa nafsu, Jihad ini lah yang justru ditekankan oleh Rosulullah SAW. Hal yang paling berat untuk dilawan umat manusia adalah hawa nafsu. Ketika hawa nafsu itu menguasai akal pikiran, bisa kita bayangkan sosok apa yang tercermin dari lahir manusia.
Ketika nafsu emosi yang membelenggu, mungkin keanarkisan yang terjadi dimana – mana, saling merusak barang barang milik negara, merusak barang barang umum bahkan mungkin bisa terjadi saling bunuh dan saling pukul di kalangan masyarakat.
Ketika nafsu lapar yang membelenggu, tentu saja kerakusan yang akan muncul, tak peduli orang lain kelaparan, tak peduli orang lain kehausan, asal nafsu ini terasa terpenuhi itu sudah cukup, orang lain sudah bukan urusan kita.
Ketika nafsu syahwad yang membelenggu, bahkan bisa dibilang kita seperti binatang, seolah Tuhan sudah hilang dalam diri kita, yang terlihat hanya sosok kenikmatan sesaat yang sibuk kita kejar. Lantas apa yang terjadi? Pemerkosaan, Zina menjadi hal yang lumrah, Wanita tak lagi dihargai sebagai calon seorang ibu.

Sebenarnya ketika disebut masalah hati, bukan hanya nafsu yang menguasai. Banyak penyakit-penyakit hati yang harus kita hindari. Penyakit yang kadang tidak kita sadari, namun sudah melekat erat. Sampai – sampai mungkin kita tidak merasa kalau itu sebuah dosa yang harus dibersihkan. Sebut saja penyakit sombong, meremehkan orang lain, iri dan dengki terhadap kesenangan orang lain, bahkan mungkin banyak penyakit penyakit lain yang membuat kita merasa lebih tinggi dari orang lain dan merasa lebih hebat dari orang lain.

Sebelum bergerak lebih jauh tanpa alasan yang jelas, alangkah baiknya kita perbaiki diri sendiri untuk membersihkan segala macam penyakit yang ada di hati ini. Jangan memandang remeh orang lain, sesungguhnya kemuliaan itu disimpan. Bisa jadi penulis blog ini memiliki dosa yang lebih menggunung daripada pembaca.  Kita introspeksi diri dan berjuang di jalan Allah untuk mengalahkan segala macam hawa nafsu yang selama ini melekat dalam hati kita 🙂

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 29, 2012 in Pegangan Hidup

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: